Yuk Mengenal Urutan Pangkat Polisi di Sini

Sebelum kamu mendaftar menjadi seorang polisi, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Salah satunya adalah urutan pangkat polisi. Dengan mengetahui urutan pangkatnya, kamu jadi tahu jenjang karir serta pendidikan yang harus kamu tempuh serta hal yang berkaitan dengan kenaikan pangkat.

Nah, jika kamu ingin tahu apa saja urutan pangkat yang terdapat dalam kepolisian Indonesia, yuk, simak saja penjelasannya di bawah ini.

3 Urutan Pangkat Polisi

  1. Tamtama

Urutan pertama dalam kepolisian adalah Tamtama. Tamtama ini merupakan golongan atau pangkat yang paling rendah. Kemudian, tamtama ini berperan sebagai garda terdepan atau prajurit untuk melaksanakan tugas khusus kepolisian. Dan biasanya di POLRI, Tamtama hanya untuk kesatuan Brimob dan Polair.

Jika kamu tertarik untuk menjadi polisi dengan pangkat Tamtama, kamu harus menempuh pendidikan selama 5 bulan di SPN di POLDA masing-masing. Di mana nanti lulusannya akan menjadi Bhayangkara Dua atau Bhrada, pangkat terrendah dalam Tamtama.

Selain Bhrada, ada pangkat lainnya di dalam Tamtama. Di mana di atas Bhrada ada Bhayangkara Satu (Bhratu), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), dan pangkat tertinggi diduduki oleh Ajun Brigadir Polisi (Abripol).

  1. Bintara

Kemudian, diurutan kedua ada Bintara. Bintara memiliki tugas sebagai penghubung antara polisi Tamtama dengan polisi Perwira. Selain itu, Polisi Bintara juga memiliki tugas melatih calon polisi yang akan direkrut.

Untuk menjadi seorang polisi Bintara, kamu harus mengikuti pendidikan di SPN setelah kamu lulus SMA atau SMK dan memenuhi syarat. Kemudian, setelah lulus dari SPN, nanti kamu akan menjadi seorang polisi yang memiliki pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Nah, untuk naik pangkat menjadi Brigadir Polisi Satu (Briptu), kamu harus menempuh karir selama 4 tahun. Seorang Briptu juga harus menempuh karir selama 4 tahun untuk menjadi seorang Brigadir Polisi. Nah, selanjutnya, Brigadir bisa diangkat menjadi Brigadir Kepala (Bripka) setelah berdinas selama 4 tahun.

Selanjutnya, dalam Bintara terdapat Bintara Tinggi, satu tingkat lebih tinggi dibandingkan Bintara. Seorang Bripka bisa menjadi Bintara Tinggi dengan jabatan Ajun Inspektur Dua (Aipda) asalkan Bripka telah menjalankan tugasnya selama 5 tahunDan Aipda bisa menduduki Ajun Inspektur Satu (Aiptu), jabatan tertinggi di Bintara Tinggi setelah melalui proses selama 2 tahun.

  1. Perwira

Pangkat teringgi dalam kepolisian adalah Perwira. Perwira berperan sebagai manajerial yang mengendalikan tugas yang dilakukan oleh Bintara.

Untuk kamu yang langsung ingin seorang polisi Perwira, kamu harus mengikuti pendidikan di AKPOL selama 3,5 tahun. Namun, jika kamu sudah berpangkat Briptu, kamu juga bisa menjadi seorang Perwira dengan mengikuti pendidikan di AKPOL juga.

Menjadi seorang Perwira juga bisa ditempuh melalui pendidikan di Sekolah Inspektur Polisi (SIP) selama 6 bulan. Namun, ini hanya berlaku untuk Aipda dan Aiptu. Untuk Bintara Senior harus menjalani pendidikan di Sekolah Alih Golongan selama 1 tahun. Dan nantinya, Aipda, Aiptu, dan Bintara Senior akan menjadi Inspektur Dua Polisi (Ipda).

Ipda sendiri merupakan pangkat atau jenjang terrendah dalam Perwira Pertama. Setelah Ipda ada jenjang yang dinamai Inspektur Polisi Satu (Iptu), dan Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Selain Perwira Pertama, tingkatan pada Perwira ada Perwira Menengah, seperti Komisaris Polisi (Kompol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), serta Komisaris Besar Polisi (Kombes). Terakhir, kedudukan tertinggi di kepolisian adalah Perwira Tinggi, seperti Brigadir Jenderal Polisi, Inspektur Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi, dan Jenderal Polisi.

Nah, itulah informasi seputar urutan pangkat beserta jenjang karirnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *